Menu Melayang

Selasa, 12 April 2022

Bacaan Niat Puasa dan Doa Saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Puasa di bulan suci Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, disebut sebagai bulan suci karena pada bulan Ramadan pintu neraka akan ditutup, iblis dan syaitan akan dibelenggu serta membuka pintu surga dan pahala yang selebar-lebarnya.
Hal tersebut dijelaskan dalam hadits HR Bukhari dan Muslim yang artinya:

“Ketika masuk bulan Ramadan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup.”

Dalam Al-Quran, pada surat Al-Baqarah dijelaskan bahwa Allah SWT memerintahkan seluruh umatnya untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan, kecuali bagi wanita yang berhalangan.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Q.S. Al-Baqarah/2: 183).

Tidak hanya soal menahan lapar dan haus dari subuh hingga terbenamnya matahari, puasa juga perihal spiritual untuk menjadi individu yang lebih baik. Agar ibadah Sobat Topin semakin sah, jangan lupa untuk membaca niat dan doa berbuka puasa ramadhan berikut ini, ya!

Bacaan Niat Puasa Ramadan

Menjalankan ibadah puasa harus disertai niat yang diucapkan sebelum terbitnya fajar atau saat malam hari sebelum mulai berpuasa. Berikut bacaannya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَ

Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Bacaan Doa Buka Puasa

Waktu berbuka puasa ditandai dengan berkumandangnya adzan magrib. Sebelum makan dan minum, ucapkan doa buka puasa saat akan membatalkan puasa. Berikut bacaan doanya:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Itulah bacaan niat dan doa buka puasa Ramadhan. Selain itu, buat Sobat Topin yang mau tau jadwal lengkap imsak dan adzan magrib bisa buka menu Pojok Ramadan di aplikasi Topindoku kalian ya! Selamat menjalankan ibadah puasa ya Sobat Topin!

Yang Paling Update Ada Di Sini

Jangan sampai ketinggalan update menarik dan terbaru dari Topindoku

Related Post

Back to Top

Cari Artikel