Menu Melayang

Selasa, 12 April 2022

Hidangan Terbaik Khas Kalimantan Untuk Berbuka Puasa

Mana nih Sobat Topin yang dari Kalimantan? Siang-siang begini di Bulan Puasa pasti bikin Sobat Topin ngelamun mikirin buka puasa nanti sama apa ya. Makan yang manis? Atau makan yang asin? Atau yang asem? Tapi yang pedas juga seru kayanya ya. Tapi, bicara hidangan buka puasa, daerah Kalimantan juga terkenal loh dengan berbagai menu buka puasa yang khas banget dengan cita rasa khas manis gurih. Hmmm Sobat Topin udah ngiler belom? Tahan dulu ya, yuk cek dulu beberapa hidangan khas berikut.

Amparan Tatak

033889500_1641270130-shutterstock_1599395257-src_fimela-com.webpSumber gambar : fimela.com

Amparan tatak adalah salah satu rekomendasi jajanan khas Kalimantan yang populer dan menarik untuk kamu coba. Buat Sobat Topin yang ada di Kalimantan, pasti sudah tidak asing lagi karena Amparan tatak memang sudah sangat populer di Kalimantan.

Kue yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama berupa buah pisang serta tepung beras. Tidak hanya itu, beberapa bahan lain yang digunakan diantaranya santan dan juga gula pasir. Adonan yang telah diolah kemudian dicetak di dalam loyang. Cita rasanya yang gurih dan cenderung manis menjadikan jajanan ini sangat tepat dipilih sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Selain banyak diminati oleh masyarakat lokal, kue ini juga berhasil menarik perhatian wisatawan dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. Saat berkunjung ke Kalimantan dan ingin mencoba salah satu jajanan takjil, amparan tatak menjadi rekomendasi yang tepat untuk kamu coba.

Kue Gegicak

004450100_1643947413-shutterstock_2100911473-src_fimela-com.webpSumber gambar : fimela.com

Ga perlu bingung lagi menentukan hidangan buka puasa khas Kalimantan ketika kamu ingat dengan lezatnya kue gegicak. Dilihat-lihat jajanan yang satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue klepon. Adanya tambahan berupa gula serta taburan kelapa parut menjadikan jajanan ini sekilas gak jauh berbeda dengan klepon.

Kue Gegicak ini dibuat dengan bahan utama berupa beras ketan putih dan diolah dengan cara dikukus. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tetapi lezatnya kue gegicak masih banyak diburu hingga saat ini. Perpaduan rasa gurih dan cenderung manis menjadikan ini juga sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Roti Pisang

054299100_1630383261-shutterstock_1889853361-src_fimela-com.webpSumber gambar : fimela.com

Beberapa Sobat Topin pasti sudah tidak asing dengan lezatnya roti pisang khas Kalimantan. Roti pisang dikenal sebagai salah satu hidangan buka puasa khas Kalimantan yang populer dan banyak diburu saat bulan Ramadan tiba. Jajanan yang satu ini adalah hidangan khas yang berasal dari daerah Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Meskipun termasuk kue tradisional, tetapi cita rasa dan kelezatan kue ini masih banyak diburu hingga saat ini. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal saja, roti pisang khas Kalimantan juga berhasil membuat wisatawan penasaran dan ketagihan setelah mencobanya. Kue ini juga memiliki ciri khas yakni bertekstur empuk dan lembut, tertarik buat coba?

Pupudak

photo-src_cookpad-com.jpgSumber gambar : cookpad.com

Jajanan satu ini memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Pupudak ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan, dan juga daun pandan. Rasanya yang manis menjadikan jajanan ini sangat cocok dipilih sebagai menu untuk berbuka puasa.

Nah, itulah daftar 8 rekomendasi jajanan takjil khas Kalimantan yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Saat berkunjung ke Kalimantan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu dari 8 rekomendasi jajanan di atas.

Kue Jenderal Mabok

jenderal mabok-src_genpi-co.webpSumber gambar : genpi.co

Rekomendasi berikutnya yang tidak kalah unik untuk dicoba adalah kue jenderal mabok. Selain karena namanya yang unik, kue yang satu ini juga terkenal karena memiliki tampilan yang khas yakni berbentuk persegi dengan hiasan potongan daun pandan di atasnya.

Kue jenderal mabok merupakan jajanan khas Kutai dengan rasa yang legit dan tekstur yang lembut. Penamaannya yang unik berasal dari cerita zaman dulu yang dikisahkan sangat disukai oleh salah seorang prajurit. Kue ini disukai hingga membuat prajurit tersebut ketagihan. Tekstur serta cita rasa yang ditawarkan oleh kue ini memang cocok dipilih sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Hmmm, makin ngiler kan?

Nah, itulah daftar beberapa rekomendasi hidangan buka puasa khas Kalimantan yang populer dan banyak diminati. Untuk Sobat Topin yang sedang di Kalimantan, cobain deh salah satu dari beberapa rekomendasi hidangan di atas.

Jangan lupa ya, supaya bayarnya makin mudah coba deh bayar dengan menggunakan QRIS Topindoku. Untuk kamu yang tertarik mendaftarkan diri sebagai merchant QRIS Topindoku, caranya gampang banget, cek disini ya.

Yang Paling Update Ada Di Sini

Jangan sampai ketinggalan update menarik dan terbaru dari Topindoku

Related Post

Back to Top

Cari Artikel